Jumat, 17 Oktober 2014

PENGERTIAN CSR, KEUNTUNGAN BAGI MASYARAKAT DAN PERUSAHAAN



Contoh Kasus Perusahaan 


Djarum berkomitmen untuk mewujudkan potensi Indonesia untuk menjadi warga negara dunia baik-bulat melalui Djarum Yayasan . Djarum Foundation mengoperasikan sejumlah program di bidang yang dipilih yang telah dipilih untuk potensi mereka untuk membuat perbedaan positif bagi masyarakat. Secara khusus, Djarum Yayasan mempromosikan keunggulan melalui komunitas, olahraga, pelestarian lingkungan, program ekspresi pendidikan dan kebudayaan.

Inisiatif masyarakat Kontribusi
Nilai-nilai Djarum yang sangat dipengaruhi oleh akar kota kecil yang tenang. Nilai-nilai kewargaan membantu masyarakat, toleransi, dan saling membantu adalah naluriah bagian dari cara kami beroperasi. Seiring waktu, upaya ini telah berevolusi menjadi program masyarakat terstruktur serta upaya ad hoc untuk membantu tetangga dan masyarakat pada umumnya. Sumbangan masyarakat Djarum Foundation melanjutkan tradisi ini untuk membantu masyarakat lokal di mana pun kita menemukan diri kita sendiri, untuk kemajuan masyarakat pada umumnya.

Inisiatif Sport
Olahraga dan aktivitas fisik memainkan peran penting dalam pengembangan karakter. Selain membantu untuk mengembangkan fisik yang sehat, olahraga mengajarkan kerja sama tim, kepemimpinan dan fokus. Sejak tahun 1969 Djarum telah secara aktif mendukung bulutangkis, bisa dibilang olahraga terbaik di Indonesia. Hari ini, beasiswa bulutangkis didanai sepenuhnya kami diberikan kepada kandidat yang memenuhi syarat yang bersumber melalui audisi nasional, membantu Indonesia untuk bersaing di tingkat global dan memperkuat ikatan dan solidaritas dengan warga dunia lainnya dalam semangat sportivitas yang adil.

Inisiatif lingkungan
Daerah tropis khatulistiwa memiliki kemampuan untuk menyerap lebih banyak CO2 daripada zona iklim lainnya karena tingkat cepat pertumbuhan vegetasi di zona ini. Akibatnya, Djarum Foundation telah meluncurkan sebuah inisiatif penanaman pohon besar di Jawa untuk memberikan keteduhan dan menyerap CO 2 serta meningkatkan retensi tanah dan tangkapan air. Tidak berhenti di sana, pada tahun 2010 Djarum Trees for Life Program (DTFL) mulai menanam Pohon Hujan (Trembesi) sepanjang 1.350 kilometer panjang jalan raya pesisir Pantura Jawa Tengah Utara, dengan tujuan mencapai pohon yang cukup pada tahun 2014 untuk menyerap hingga 685 juta kilogram CO2 setiap tahun.

Inisiatif Pendidikan
Percaya pada kekuatan pendidikan untuk membuka potensi manusia terhadap kualitas hidup yang lebih baik dan bangsa yang lebih kuat, Djarum telah aktif dalam mendukung pendidikan di Indonesia pada tahun 1984. Saat ini, melalui program beasiswa kami yang komprehensif, yang mengajarkan baik soft skill dan kemampuan kepemimpinan intelektual , kami berharap dapat membantu menciptakan pemimpin masa depan yang dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan negara mereka.

Inisiatif budaya 
Budaya yang kaya dan beragam Indonesia telah adil terkenal selama berabad-abad. Pulau-pulau Indonesia adalah rumah bagi beragam budaya dan kelompok, masing-masing dengan bahasa dan tradisi mereka sendiri. Dari setiap sudut Nusantara telah pematung terampil dan musisi menggugah, penari legendaris dan penyair terkenal. Ini adalah tujuan Djarum Foundation untuk bekerja melalui sponsorship terhadap pelestarian terus dan evolusi seni tradisi di Indonesia, sebagai bagian penting dari warisan budaya dunia.

Sinergi, Cara Djarum Foundation Gelar Program CSR
Sejak tahun 1951, Grup Djarum sudah menggelar beragam corporate social responsibility (CSR). Program awal adalah kegiatan sosial di area Kudus, Jawa Tengah, yang notabene merupakan markas besar Djarum. Kini, di bawah bendera Djarum Foundation, program CSR Grup Djarum beranak pinak menjadi lima pilar kegiatan. Istimewanya, hampir seluruh program CSR tersebut menggandeng program CSR perusahaan lain untuk bersinergi.
Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H. Serad
Bagaimana sepak terjang Djarum Foundation? Simak wawancara Jurnalis Majalah Mix, Dwi Wulandari, dengan Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation Primadi H. Serad di sela-sela penandatanganan kerja sama Djarum Foundation dan Cisco untuk salah satu program ‘SMK Excellence’ di SMK Muhammadiyah Kudus pada awal Desember 2012 (6/12).
Apa saja program CSR yang dimiliki Djarum?
Program Corporate Social Responsibility Djarum digelar melalui wadah yang dinamakan Djarum Foundation. Djarum Foudnation sebenarnya sudah dimulai pada tahun 1951, dengan program-program sosial di wilayah Kudus. Filosofi Djarum Foundation adalah “Tumbuh dan Berkembang dengan Lingkungan”.
Seiring dengan perkembangan dan demand masyarakat, maka pilar Djarum Foundation pun bertumbuh. Saat ini menjadi lima pilar. Yaitu, Djarum Bakti Sosial (dimulai 1951), Djarum Bakti Olahraga (dimulai 1962), Djarum Bakti Lingkungan (dimulai tahun 70-an), Djarum Bakti Pendidikan (dimulai 1984), dan Djarum Bakti Budaya (dimulai tahun 90-an).
Bagaimana prinsip kerja dari CSR Djarum Foundation?
Pada prinsipnya, program CSR kami adalah program yang berkelanjutan. Selain itu, dalam menggelar program CSR, kami selalu bersinergi dan bermitra dengan CSR dari perusahaan lain. Sebab, kami percaya bahwa kami tidak akan pernah bisa bekerja sendiri. Masing-masing perusahaan punya keahlian di bidangnya. Untuk itu, kami perlu melakukan sinergi atau kerja sama dalam menjalankan program CSR.

Contoh program CSR yang bersinergi dengan perusahaan lain?
Saya ambil contoh Program Bakti Pendidikan. Mulai tahun 2012, salah satu program Bakti Pendidikan adalah “SMK Excellence”. Sebab, salah satu inisiatif Bakti Pendidikan Djarum Foundation adalah pengembangan SMK di Kudus. Obyektifnya, untuk menarik minat anak-anak SMP masuk ke SMK. Sebab, negara ini tidak banyak membutuhkan sarjana, tetapi lebih banyak membutuhkan tenaga terampil yang siap kerja. Selain itu, kami ingin mengembangkan kualitas SMK dengan standard dunia.
Ada lima kompetensi yang ingin kami kembangkan di SMK kudus. Yaitu, Teknik Komputer Jaringan di SMK Muhammadiyah Kudus, yang bekerja sama dengan Cisco Networking Academy Program; Multimedia; Argo indsutri yang bekerja sama dengan Akedemi Teknik Solo; Kelistrikan yang bekerja sama dengan perusahaan asing di Prancis; dan Tata Boga yang menyasar anak-anak wanita, dengan bekerja sama dengan Institut di Prancis.
Program lain yang kami gelar bersinergi adalah Program Pegnembangan Kompetensi Guru. Kami bekerja sama dengan BNI 46 dan Putra Sampoerna Foundation untuk melatih guru-guru di Kudus untuk mencapai kompetensi tingkat dunia, yakni guru-guru SD dan SMP. Termasuk, Program Sanitasi Sekolah bekerja sama dengan CSR Bank Mandiri untuk memperbaiki kualitas sanitasi sekolah.
Mengapa memilih Kudus?
Khusus untuk Program SMK Excellence ini memang kami hanya lakukan di Kudus. Karena, Kudus adalah lokasi perusahaan Djarum dan kampung halaman kami. Harapannya, setelah lulus, mereka (siswa SMK—red) akan bisa diserap oleh perusahaan, baik perusahaan di luar Kudus maupun di luar negeri. Contohnya, melalui program Cisco Academy yang merupakan program CSR Cisco global, nantinya siswa SMK akan ditampung untuk on the job training di vendor-vendor Cisco. Biasanya, jika sudah masuk di vendor Cisco, permintaannya akan banyak.
Berapa bujet total CSR Djarum Foundation selama setahun?
Saya tidak bisa sebutkan. Yang jelas total bujet CSR Djarum Foundation tahun 2013 tumbuh 20 persen dibandingkan tahun 2012. Dan, untuk program SMK Excellence, yang minimal digelar di lima sekolah, per sekolahnya membutuhkan dana kira-kira Rp 1 miliar – Rp 1,5 miliar. Untuk lima sekolah berarti sekitar Rp 5 miliar – Rp 7,5 miliar.

Teori
Definisi CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada. COntoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
MANFAAT BAGI MASYARAKAT
CSR akan lebih berdampak positif bagi masyarakat, ini akan sangat tergantung dari orientasi dan kapasitas lembaga dan organisasi lain, terutama pemerintah. Studi Bank Dunia (Howard Fox, 2002) menunjukkan, peran pemerintah yang terkait dengan CSR meliputi pengembangan kebijakan yang menyehatkan pasar, keikutsertaan sumber daya, dukungan politik bagi pelaku CSR, menciptakan insentif dan peningkatan kemampuan organisasi. Untuk Indonesia, bisa dibayangkan, pelaksanaan CSR membutuhkan dukungan pemerintah daerah, kepastian hukum, dan jaminan ketertiban sosial. Pemerintah dapat mengambil peran penting tanpa harus melakukan regulasi di tengah situasi hukum dan politik saat ini. Di tengah persoalan kemiskinan dan keterbelakangan yang dialami Indonesia, pemerintah harus berperan sebagai koordinator penanganan krisis melalui CSR (Corporate Social Responsibilty). Pemerintah bisa menetapkan bidang-bidang penanganan yang menjadi fokus, dengan masukan pihak yang kompeten. Setelah itu, pemerintah memfasilitasi, mendukung, dan memberi penghargaan pada kalangan bisnis yang mau terlibat dalam upaya besar ini. Pemerintah juga dapat mengawasi proses interaksi antara pelaku bisnis dan kelompok-kelompok lain agar terjadi proses interaksi yang lebih adil dan menghindarkan proses manipulasi atau pengancaman satu pihak terhadap yang lain.
Intinya manfaat CSR bagi  masyarakat yaitu dapat mengembangkan diri dan usahanya sehingga sasaran untuk mencapai kesejahteraan tercapai.

MANFAAT  BAGI PERUSAHAAN
Meningkatkan Citra Perusahaan
Dengan melakukan kegiatan CSR, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.

Memperkuat “Brand” Perusahaan
Melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan.

Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Dalam melaksanakan kegiatan CSR, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.

Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Jika CSR dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.

Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan

Memilih kegiatan CSR yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.

ANALISIS:
Menurut saya keputusan manajemen perusahaan untuk melaksanakan program-program CSR secara berkelanjutan,dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan tersebut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui CSR, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun masyarakat luas akan lebih terjamin. dapat meningkatkan aktivitas produksi perusahaan serta pemasaran hasil-hasil produksi perusahaan akan bertambah. Sedangkan terjaganya kelestarian lingkungan dan alam selain menjamin kelancaran proses produksi juga menjamin ketersediaan pasokan bahan baku produksi yang diambil dari alam.
Misalkan program-program CSR yang diambil dari salah satu perusahaan yaitu program pendidikan, karna setiap manusia wajib mengetahui pendidikan sejak dini, agar mereka memiliki bekal untuk meraih masa depan atau cita-cita yang mereka harapkan.
Dari contoh yang bisa diambil seperti di adakannya program CSR pendidikan yang dimana program tersebut mengarah kepada sekolah yang berada di salah satu daerah yaitu di Kudus dimana program tersebut untuk menarik seseorang setelah lulusan SMP akan melanjutkannya ke SMK.Dimana dalam sebuah pekerjaan tersebut lebih dipenting kan memiliki tenaga kerja yang terampil dalam pekerjaannya.Di dalam program pendidikan ini semua siswa/i diajarkan sebuah keterampilan yang baik untuk bekal dia di masa depannya untuk bersaing dengan orang-orang yang disekitarnya.
Dengan adanya program tersebut maka dapat menjadikan masyarakat Indonesia memiliki tenaga-tenaga yang terampil untuk kedepannya dan dapat bersaing keras dengan negara-negara yang di luar sana dengan kualitas yang sangat baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar