Kasus :
Kasus yang pernah saya alami yaitu suatu pelayanan online
dimana saya pada waktu itu memesan sebuah tas dan dompet di salah satu situs
online yang menwarkan barang-barang yang sangat menarik menurut saya.Dan disitu lah ada suatu barang yang menarik buat
saya dan saya pun langsung memesannya kurang lebih waktu itu terjadi pada bulan
februari, setelah saya memesan barang tersebut lalu mulai lah saya bertransaksi
untuk memesan barang tersebut dengan menyebut kan kode barang yang saya ingin
pesan dan setelah itu pembayaran yang dilakukan dengan transfer.Dalam
perjanjiannya dimana kita mentransfer uangnya dulu lalu barang yang saya pesan
baru akan di kirim sesuai alamat yang saya berikan pada saat transaksi.Sesudah
saya mentransfer saya memberikan informasi kembali pada agen tersebut, lalu ada
balasannya dari agen tersebut merespon dan memberikan informasi bahwa barang
yang saya pesan akan segera dikirim dan memeberitahu kurang lebih 3 hari paling
lama barang itu sampai dikirim, tetapi pada kenyataannya barang tersebut
sampainya melebihi waktu yang diberitahukan hingga seminggu dan saya pun
menghubungi agen tersebut dengan menanyakan barang tersebut karna belum sampai
juga dari mulai saya mentransfer karena perjanjiannya kita transfer barang itu
langsung dikirim dan yang bikin saya kecewa lagi ternyata barang yang saya
pesan tersebut menurut kurang sesuai dengan apa yang ada di situs online
tersebut terutama dari segi warna.Karna saya sangat kecewa saya komplain namun
tanggapannya hanya biasa saja bahkan yang saya komplain masalah keterlambatan
waktu pengiriman hanya bilang barang sudah dikirim sekitar dua hari yang lalu .Dari
situ lah saya jadi kurang tertarik lagi untuk membeli barang dari sebuah situs
online yang terkadang di gambar yang tersedia bagus tapi pada kenyataannya
tidak, maka jika ingin membeli sesuatu lebih baik saya membelinya langsung dan
mungkin ada kepuasan tersendiri dengan kita melihat barang yang kita inginkan
secara langsung serta tidak ada akan ada masalah waktu pengiriman lagi yang
membuat saya kecewa.
Analis :
Dengan semakin majunya teknologi di
era globalisasi ini segala sesuatunya mudah kita jumpai di, dengan banyaknya
situs-situs online yang beraneka ragam menawarkan segala bentuk barang atau pun
jasa yang disediakan oleh situs-situs tersebut sehingga kita tidak perlu
membuang-buang waktu kembali atau bisa mempersingkat waktu dengan kesibukan
dimiliki seseorang untuk memesan barang atau jasa yang diinginkan.
Adanya situs-situs yang disediakan
melalu online kita dapat melihat misalnya barang yang kita ingin kan dari salah
satu situs tersebut dan di situs tersebut lengkap informasi yang diberitahukan
misalnya barang seperti tas atau baju dicantupkan jenis barang,harga,fungsi dll
dan cara memesan barang tersebut biasanya untuk menghubungkan agen tersebut di
berikan contact BB,WA atau pun no yang dapat dihubungi.
Situs online yang kini semakin banyak
sehingga banyak para pebisnis baru yang melebarkan bisnisnya melalui situs
online yang dimana dengan bisnis online tersebut bisnis yang di jalankan dapat
dilihat orang-orang sedunia, sehingga adanya peluang bisnis yang baik dan akan
bisnis kita dapat melebarkan sayap hingga ke luar negri dengan situs online
tersebut.
Dengan adanya bisnis online yang
tersedia kita juga harus waspada dan berhati-hati dengan adanya penipun, dan
bisnis online juga terdapat sisi negative nya misalnya barang yang biasanya
kita pesan tidak sesuai tetapi tidak semua situs online seperti itu, sebaiknya
kembali lagi dari diri kita sendiri yang harus pintar-pintar memilihnya dan
Dari yang melakukan bisnis online tersebut sebaiknya kita juga harus memberikan
kenyamanan dan kepuasanya untuk konsumennya agar konsumennya itu merasa puas
dan tidak merasa kecewa dengan jasa atau barang yang produsen sediakan di situs
online tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar