Rabu, 19 November 2014

Tugas Ekonomi Internasional

Nama                  : Siti kasmar ranti
Kelas                  : 4EA11
Npm                   : 16211811
Mata Kuliah        : Ekonomi Internasional
1.Terangkan pengaruh pemberlakuan tarif terhadap term of trade (TOT) dan kaitannya dengan ekonomi negara tersebut ?
Jawab :
Pengaruh pemberlakuan tarif terhadap term of trade yaitu
· Terjadinya penurunan terhadap impor karena harga barang impor menjadi lebih mahal
·  Mendistribusikan pendapatan dari konsumen domestik ke produsen domestik
·   Mendistribusikan pendapatan dari sektor ekonomi yang sumber dayanya melimpah kesektor lain yang sumberdayanya kurang kompetitif.
·  Dampak negatif tarif berupa production distartion lost.Tarif menyebabkan produsen domestik memproduksi terlalu banyak barang sehingga tak semuanya dijual dengan harga yang menguntungkan.
Kaitanya dengan ekonomi negara tersebut yaitu pemberlakuan tarif oleh pemerintah negara besar yang bersangkutan akan menurunkan volume perdagangannya namun dalam waktu bersamaan juga akan meningkatkan nilai tukar perdagangannya (Terms of Trade) selanjutnya tingkat kesejahteraan secara keseluruhan akan dapat meningkat, menurun atau konstan tergantung mana yang lebih unggul antara dampak negatif dari penurunan volume perdagangan atau dampak positif yang bersumber dari peningkatan nilai tukar perdagangan
2.Apa yang dimaksud tarif optimal dan bagaimana cara menentukannya ?
Tarif optimal adalah tingkat tarif yang dapat memaksimalkan manfaat netto yang bersumber dari perbaikan nilai tukar perdagangan sehingga dapat melunturkan dampak negatif yang diakibatkan oleh berkurangnya volume perdagangan.
Cara menetukannya :
Negara besar beranjak dari perdagangan bebas dan memberlakukan tarif, maka sampai batas tertentu kesejahteraannya akan meningkat hingga ke titik maksimal pada titik itu lah tarif nya disebut tarif optimal atau optimum.Negara-negara yang menjadi mitra perdagangan akan ikut menerapkan tarif sampai ke titik optimal demi membela kepentingan mereka sendiri.

3.Terangkan pengaruh subsidi disuatu negara terhadap negara lain ?
Kebijakan subsidi biasanya diberikan untuk menurunkan biaya produksi barang domestik, sehingga diharapkan harga jual produk dapat lebih murah dan bersaing di pasar internasional.Tujuan dari subsidi ekspor adalah untuk mendorong jumlah ekspor, karena eksportir dapat menawarkan harga yang lebih rendah.Harga jual dapat diturunkan sebesar subsidi tadi, namun tindakan ini dianggap sebagai persaingan yang tidak jujur dan menjurus kearah perang subsidi.Hal ini karena semua negara ingin mendorong ekspornya dengan cara memberikan subsidi.

4.Terangkan mengapa migrasi dapat menurunkan kemakmuran pada pekerja bermigrasi meskipun upah yang diterima lebih tinggi?
Karena orang yang bermigrasi belum tentu mendapat kesejahteraan hidup yang sama dikarenakan meskipun upah tinggi tetapi biasa biaya hidupnya juga tinggi sehingga kesejahteraan hidup belum tentu terjamin.

5. A. Pengaruh terhadap nilai rupiah jika ekspor naik yaitu ekspor dalam negri akan mengalami kenaikan karena nilai tukar rupiah melemah atau jika penawaran sebuah mata uang meningkat sementara permintaannya tetap atau menurun maka nilai tukar mata uang itu akan melemah dengan demikian rupiah melemah karena penawaran atasnya tinggi ,sementara permintaan atasnya rendah
B. jika tingkat suku bunga negara asing naik pengaruh dengan rupiah  yaitu kenaikan suku bunga di suatu negara dapat mendorong terjadinya pengalihan dana atau instrumen keuangan dari mata uang dengan tingkat bunga rendah ke mata uang dengan tingkat bunga yang lebih tinggi ,jadi tingkat suku bunga cebderung semakin agar tingkat bunga rill yang diperoleh nasabah tetap.jadi nilai tukar rupiah akan menurun jika suku bunga asing naik.
C. Berkurangnya hutang luar negri maka rupiah akan menguat nilai tukarnya,serta mengurangi beban hutang yang di miliki di negara kita sendiri, tidak lagi dicap sebagai negara miskin dan tukang utang,kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat menjadi meningkat, dan mengurangi pengangguran.

6. Jika suatu negara menurunkan nilai mata uangnya maka inflasi di negara tersebut akan meningkat karena harga-harga barang impor akan naik dan harganya akan melonjak tindakan preventif adalah dengan cara menaikan suku bunga agar uang masyarakat lebih terkontrol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar