Sabtu, 10 Januari 2015

Strategi Penjualan dalam Etika Bisnis



 

Di akhir tahun 2014 yang lalu musim liburan telah tiba dimana seseorang menghabiskan waktu dengan keluarga atau pun teman.Salah satunya bisa saja menghabiskan waktu ke mall atau pun ke tempat rekreasi bersama keluarga atau pun teman untuk menghabiskan liburan Natal dan Tahun baru.
Pada beberapa waktu yang lalu saya pergi ke suatu mall , kebetulan di mall tersebut ada tempat perbelanjaan yaitu di Ramayana A.Di tempat tersebut sedang ada discount besar-besaran di akhir tahun, discount tersebut hampir semua produk terdapat discount yang lumayan besar hingga banyak minat para konsumen untuk membeli produk atau barang yang ada di Ramayana A tersebut, termasuk saya yang membeli sandal yang dicountnya yang lumayan besar 50%  sehingga saya berminat untuk membeli sandal tersebut yang harga total akhirnya Rp 60.000 setelah discount dengan merk sandal tersebut yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat.
            Sekitar satu minggu setelah saya pergi dari mall  tersebut saya pergi lagi ke Ramayana B yang tempatnya berbeda, awalnya saya hanya ingin membeli suatu kado untuk teman saya dan kebetulan saya melihat sandal yang sama persis seperti waktu saya beli di ramayana A tersebut  dan saya pun melihat harga sandal tersebut ternyata harga aslinya dari produk itu Rp 60.000 tanpa discount tidak seperti di Ramayana sebelumnya dimana harga aslinya Rp 120.000 setelah di discount menjadi Rp 60.000.
        Dari sini lah saya dapat menyimpulkan dari sudut etika bisnis di mana produk atau discount di Ramayana A sedikit mengecewakan konsumen dengan discount yang besar-besaran yang berada di Ramayana A tersebut, sangat berbeda sekali dengan Ramayana yang B padahal perusahaan tersebut masih sama dalam satu perusahaan, karna pada dasarnya harga atau produk yang di tawarkan tersebut memang sudah memang harga aslinya tanpa harus ada discount.Tentu saja bila konsumen yang sangat teliti ini merasa sangat mengecewakan dengan adanya discount yang berada di Ramayana A tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar