Definisi Pemasaran, Manajemen Pemasaran
– Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh
pengusaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan
mendapatkan laba. Pemasaran dikembangkan dari kata pasar yang berarti sarana
atau tempat berkumpulnya orang yang terlibat dalam pemasaran, dalam pengertian
abstrak pemasaran diartikan sebagai suatu kegiatan, proses atau system
keseluruhan. Berikut ini Perpustakaan Online Blogger Indonesia (duniabaca.com)
berbagi pengetahun tentang pengertian pemasaran dan pengertian
menajemen pemasaran yang dikemukakan oleh beberapa pendapat para ahli,
dimana dari pendapat-pendapat tersebut kita bisa menyimpulkan secara lebih
spesifik mengenai definisi pemasaran dan definisi manajemen pemasaran.
Pengertian/Definisi Pemasaran.
Menurut Kotler (2000 : 4) pemasaran adalah
sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan usahakan melalui penciptaan, pertukaran
yang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan permintaan seseorang atau
kelompok.
Sedangkan menurut Sofyan Assauri (2004 : 5)
pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran. Dan menurut William J. Stanton dalam Basu
Swasta (1998:179) pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha
yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang
ada maupun pembeli potensial.
Selain itu menurut Philip Kotler (2001),
pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan
keinginan manusia melalui proses pertukaran.
Pengertian tersebut dapat memberikan gambaran
bahwa pemasaran merupakan proses pertemuan antara individu dan kelomok dimana
masing¬masing pihak ingin mendapatkan apa yang mcreka butuhkan atau iginkan
melalui proses menciptakan, menawarkan, dan pertukaran. Selain itu, pemasaran
sebagai suatu sistem dari kegiatan yang saling berhubungan satu dan yang
lainnya, yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan,
dan mendistribusikan barang atau jasa kepada pembeli secara individual maupun
kelompok pembeli. Kegiatan tersebut beroperasi dalam suatu lingkungan yang
dibatasi sumber dari perusahaan, peraturan¬peraturan, maupun konsekuensi sosial
perusahaan.
Dalam menjalankan kegiatan pemasarannya suatu
perusahaan melakukan pengkoordinasian agar tujuan dan sasaran yang diharapkan
dalam bidang pemasaran khususnya dan perusahaan umumnya dapat tercapai secara
etektif dan efisien. Pengkoordinasian yang dapat menciptakan sinergi dilakukan
dengan manajemen yang baik, yang dikenal dengan istilah manajemen pemasaran.
Pengertian/Definisi Manajemen Pemasaran.
Menurut Kotle dan Amstrong (2001:1) menyatakan
Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan
pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli dengan sasaran demi
mencapai tujuan organisasi.
Sedangkan menurut Sofyan Assauri (2004) Manajemen
Pemasaran merupakan kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan
mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran
produk, pengkomunikasian, promosi dan pendistribusian produk tersebut,
rnenetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan
konsumennya dan sekaligus dapat mencaapi tujuan organisasi perusahaan jangka
panjang.
Dari pengertian tersebut dapat diartikan bahwa
manajemen pemasaran suatu kegiatan menganalisis, merencanakan,
mengkoordinasikan dan mengendalikan suatu kegiatan, yang terkait dengan
perancangan dan peluncuran produk, promosi serta pendistribusian produk, dan
menetapkan harga dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus
dapat mencapai tujuan organisasi perusahaan dalam jangka panjang.
http://duniabaca.com/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar