Menurut Dharmmesta dan Handoko, yang dimaksud dengan manajemen pemasaran
adalah berbagai kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah perusahaan
untuk terus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, untuk
kemudian berkembang, dan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.
Proses pemasaran tersebut dimulai jauh-jauh hari sejak sebelum
barang-barang produk diproduksi, dan tidak berakhir begitu saja dengan
penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan juga harus memberikan upaya
kepuasan terhadap konsumen jika menginginkan usaha tersebut berjalan
terus, atau pihak konsumen akan mempunyai pandangan yang lebih baik
terhadap sebuah perusahaan.
Pemasaran merupakan unsur yang cukup vital dari sebuah
keberlangsungan usaha bisnis. Hampir 90% kesuksesan sebuah usaha bisnis
sangat dipengaruhi oleh upaya marketing atau pemasaran. Oleh karena itu
lah dibutuhkan manajemen pemasaran beserta langkah-langkah kreatif yang
diambil sebagai bagian dari upaya strategi pemasaran. Sebuah manajemen
pemasaran yang baik adalah pemasaran yang mengedepankan konsep pemasaran
yang berkualitas.
Konsep tersebut sebagai fungsi falsafah bisnis yang akan membuat
bisnis Anda eksis sepanjang zaman. Konsep merupakan upaya penting yang
harus selalu diatur secara terus menerus. Keunikan konsep yang
ditawarkan merupakan bagian dari manajemen pemasaran yang
ditunggu-tunggu oleh konsumen sebagai upaya pemuasan kebutuhan dengan
cara-cara yang kreatif.
Di dalam sebuah konsep pemasaran sebagai bagian dari manajemen
pemasaran, terdapat tiga unsur penting yang harus selalu diperhatikan.
Ketiga hal tersebut nantinya yang akan menjadi bagian penting konsep
pemasaran dan akan turut menentukan bagaimana nantinya manajemen
pemasaran tersebut dikelola.
Apa saja yang menjadi ke tiga unsur penting tersebut? diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Orientasi pada konsumen
Di dalam konsep pemasaran sebagai bagian dari manajemen pemasaran merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas utama saat menghasilkan sebuah produk bisnis. Pada hakikatnya usaha bisnis yang dilakukan merupakan upaya pemenuhan terhadap kebutuhan konsumen. Konsumen adalah orientasi utama yang harus dipertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi bisnis.
Di dalam konsep pemasaran sebagai bagian dari manajemen pemasaran merupakan salah satu hal yang menjadi prioritas utama saat menghasilkan sebuah produk bisnis. Pada hakikatnya usaha bisnis yang dilakukan merupakan upaya pemenuhan terhadap kebutuhan konsumen. Konsumen adalah orientasi utama yang harus dipertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi bisnis.
2. Penyusunan kegiatan-kegiatan pemasaran secara integral atau menyeluruh
Manajemen pemasaran melalui konsep pemasaran sebagai bagian dari falsafah bisnis yang dijalankan menghendaki adanya pengaturan secara dinamis berbagai bentuk penyusunan kegiatan pemasaran secara lebih menyeluruh.
Manajemen pemasaran melalui konsep pemasaran sebagai bagian dari falsafah bisnis yang dijalankan menghendaki adanya pengaturan secara dinamis berbagai bentuk penyusunan kegiatan pemasaran secara lebih menyeluruh.
Segala bentuk kebutuhan dalam bidang pemasaran, upaya strategi,
pelaksanaan, penganalisaan, pengawasan dan sebagainya yang menyangkut
dengan kegiatan pemasaran perlu dilakukan secara tersusun, diatur secara
detai dan jelas sehingga akan mempermudah proses pelaksanaan dan
pengawasan. Manajemen pemasaran menghendaki sebuah upaya yang sistematis
yang jelas sehingga bisa dilakukan analisa dan pengawasan terhadap
hasil yang didapatkan. Evaluasi terhadap sebuah manajemen pemasaran
salah satunya juga didasarkan atas kegiatan penyusunan secara integral
tersebut.
3. Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen juga merupakan salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan konsep pemasaran. Manajemen pemasaran yang baik menghendaki adanya hasil kepuasan konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses marketing yang berjalan baik. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, namun juga dari bagaimana cara danhttp://rajapresentasi.com/2012/03/definisi-dan-pengertian-manajemen-pemasaran/ strategi pemasaran itu dijalankan.
Kepuasan konsumen juga merupakan salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan dalam penyusunan konsep pemasaran. Manajemen pemasaran yang baik menghendaki adanya hasil kepuasan konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses marketing yang berjalan baik. Kepuasan konsumen tidak hanya diukur dari bagaimana kualitas produk yang dihasilkan, namun juga dari bagaimana cara danhttp://rajapresentasi.com/2012/03/definisi-dan-pengertian-manajemen-pemasaran/ strategi pemasaran itu dijalankan.
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar