Senin, 22 Oktober 2012

Koperasi dalam berbagai struktur pasar



3.Koperasi dalam berbagai struktur pasar

Berdasarkan sifat & bentuknya,pasar dapat di bedakan menjadi 2 macam yaitu,
- Pasar dengan persaingan sempurna (Perfect Competitive Market), dan
- Pasar dengan persaingan tidak sempurna (Imperfect Competitive Market).
Yang termasuk pada golongan Pasar Tidak Sempurna,yaitu:
- Monopoli,
- Persaingan Monopolistik,dan
- Oligopoli.
A). Koperasi dalam Pasar Persaingan Sempurna
Yaitu, Struktur pasar yang paling banyak digunakan oleh para ahli ekonomi sebagai dasar analisis dan perencanaan suatu perekonomian.
“Ciri-Ciri adanya Pasar Persaingan Sempurna ,yaitu sbb :
- Adanya penjual dan pembeli yg sangat banyak.
-Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (Homogen).
- Perusahaan bebas untuk masuk dan keluar.
B). Koperasi dalam Pasar Monopoli
Yaitu bentuk dari organisasi pasar,dimana hanya ada satu perusahaan atau penjual suatu produk di pasar yang bersangkutan.
“Ciri-Cirinya yaitu:
- Perusahaan penjual atau yang menghasilkan produk hanya satu.|


- Tidak ada produk substitusi (tdk dapat digantikan penggunaannya oleh produk lain).
-Konsumen produk yg monopoli yaitu,banyak. Sehingga bersaing dalam pasar produk tersebut adalah konsumen,sedangkan pengusahanya bebas dari persaingan.
- Memasuki industry yang menghasilkan produk monopoli-baik secara legal maupun alamiah.
C). Koperasi dalam Pasar Persaingan Monopolistik
Yaitu dapat diartikan sebagai Pasar Monopoli yang Bersaing. Bisa disimpulkan juga bahwa pasar suatu produk di katakan berada dalam keadaan persaingan monopolistic apabila dalam pusat tersebut terdapat cirri-ciri persaingan dan ciri monopoli.
“Ciri-ciri dari Pasar persaingan Monopolistik ini adalah :
- Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam. Misalnya,Produk rokok dimana produk tersebut diproduksi oleh banyak pengusaha yang satu sama lain bersaing secara tidak sempurna.
- Produk yang di hasilkan tidak homogen.
- Ada produk substitusinya.
- Keluar atau masuk ke industry relative mudah.
- Harga produk tidak sama di semua pasar,tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualannya.
- Pengusaha atau konsumen produk tertentu sama-sama bersaing,tetapi persaingan tersebut tidak sempurna karena produk yang dihasilkan tidak sama dalam banyak hal.
Hubungan Pasar dengan Koperasi
Bahwa individu-individu yang mempunyai kegiatan ekonomi dan bergabung dalam kelompok koperasi,maka aktivitas ekonominya telah direpresentasikan oleh perusahaan koperasi,sehingga perusahaan inilah yang berhubungan dengan pasar untuk memenuhi kebutuhan para individu anggota.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar