Dalam melakukan pemasaran, pelanggan dan kompetitor adalah
faktor yang perlu diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai anda kehilangan
pelanggan hanya karena lalai langkah pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor.
Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengetahui dengan
pasti apa sih sebenarnya keinginan dari pelanggan anda? Penting untuk elalu
berusaha dapat memuaskan pelanggan. Cara untuk mengetahuinya, kita bisa
melakukan survey. Banyak cara melakukan survey pasar dan anda tidak mesti kaku
atau terpatok pada aturan-aturan baku. Anda dapat mewawancarai beberapa orang
dengan cara mengobrol. Mengobrol membuat anda mampu menggali banyak informasi
dengan cara yang santai dan tidak menegangkan. Sehingga orang yang anda
wawancarai dapat secara leluasa dan nyaman mengutarakan pendapatnya. Gali dan
temukan informasi dari berbagai sumber.
Hal ini sangat penting, sebab seperti yang telah disebutkan
di atas, jika Anda bersikap cuek, pelanggan bisa lari kepada pesaing Anda. Anda
akan kehilangan uang dan kompetitor Anda akan semakin sukses. Situasi seperti
ini tentunya akan semakin menyulitkan anda.
Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, Anda bisa
mendapatkan jawaban sesungguhnya apa yang bisa memuaskan pelanggan anda. Jangan
sampai kompetitor melakukan survey lebih dulu daripada anda. Pelanggan terbaik
Anda pastinya juga prospek terbaik bagi para pesaing. Jika satu pelanggan
terlepas dan lari kepada pesaing, maka Anda harus bertanya, apakah pesaing
menawarkan produk atau jasa yang lebih baik, atau mungkin mereka lebih bagus
dalam bisnis dibanding Anda.
Berikut ini beberapa pertanyaan mendasar yang perlu Anda
tanyakan kepada pelanggan seperti dikutip dari David. G:
·
What do you like about buying from us?
·
Why did you buy from us in the first place?
·
What problems did you have before you bought from us?
·
How did we help you solve those problems?
·
How are things better for you now?
Mengetahui keinginan pelanggan itu penting, namun faktanya
banyak perusahaan melupakannya. Jangan Anda melakukan hal yang sama.
Kembangkan metode survey pemasaran Anda misalnya dengan memulai beberapa brainstorming, focus group discussion, riset pasar, atau cara-cara lain.
Kembangkan metode survey pemasaran Anda misalnya dengan memulai beberapa brainstorming, focus group discussion, riset pasar, atau cara-cara lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar